Selasa, 20 April 2010

3 Foto Bersejarah Saat Proklamasi 17 Agustus 1945

Jangan sekali-kali melupakan sejarah!

Pada saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno ( Bung Karno ) dan didampingi Drs Mohammad Hatta ( Bung Hatta ) pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, ada 3 ( tiga ) foto bersejarah yang hanya sempat diabadikan oleh Frans Mendur dari IPPHOS yang plat filmnya tinggal tiga lembar ( saat itu belum ada rol film ) sehingga hanya dengan 3 foto tersebut saja saat detik-detik yang sangat bersejarah tersebut dapat dilihat oleh kita sebagai anak-anak bangsa Indonesia sekarang.

Foto pertama diabadikan pada saat Ir. Soekarno ( Bung Karno ) membacakan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ( foto screenshot dari arah depan Bung Karno dan Bung Hatta ).

Foto kedua diabadikan pada saat pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih yang dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944 ( foto screenshot dari arah samping kanan Bung Karno dan Bung Hatta ).

Dan foto ketiga yang diabadikan memperlihatkan sebagian para hadirin yang menyaksikan peristiwa yang sangat bersejarah pada tanggal 17 Agustus 1945 tersebut, menjelang pengerekan dan dikibarkannya bendera Sang Saka Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya ( foto screenshot dari arah belakang samping kanan Bung Karno dan Bung Hatta ).

Untuk mengetahui lebih detil dari peristiwa yang sangat bersejarah tersebut bisa dibaca juga tulisan Detik-detik Menjelang Proklamasi 17 Agustus 1945 serta tulisan Fakta Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 dengan referensi lain dari Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) serta Wikipedia.

Sekali merdeka tetap merdeka!